Tuesday, November 27, 2012

Contoh Kasus Indonesia & Luar Negeri

Kasus di Indonesia
Pernah dengar kasus Prita Mulyasari terkait RS Omni International ? Ya. Pada saat itu, Prita datang ke RS Omni karena sudah beberapa hari mengalami sakit demam dan beberapa penyakit lainnya. Setelah diperiksa oleh dokternya, Prita didiagnosis Demam Berdarah. Namun setelah beberapa hari perawatan, ternyata ada semacam virus di leher Prita, semacam gondong. Tidak puas dengan pelayanan rumah sakit ini, Prita kemudian menyebarluaskan pengalaman ini melalui e-mail dan blog. Pihak rumah sakit tentu saja membantah ini dan menuntut Prita secara perdata dan pidana.

Kemudian, pernah mendengar juga pencemaran nama baik oleh Majalah Tempo ? Majalah Tempo pernah melakukan pencemaran nama baik secara libel, yaitu membuat karikatur mengenai polisi. Ya, polisi dalam gambar sedang menarik beberapa celengan yang berbentuk babi dengan tali. Tempo sendiri membuat judul "Rekening Gendut Perwira Polisi" yang kemudian dituntut oleh pihak polisi.

Kasus di Luar Negeri
Beberapa kasus yang sering terjadi di luar negeri adalah penghinaan terhadap suatu kelompok ras, sering terjadi pada kelompok amerika-afrika yang berkulit hitam, menjadi korban penghinaan ini.

No comments:

Post a Comment